Photobucket

Kamis, 12 Maret 2009

KATARAK

Mata adalah jendela dunia, mungkin ungkapan ini adalah yang paling pantas untuk menyatakan betapa pentingnya peran mata sebagai alat indera penglihatan. Dengan mata, kia dapat melihat keindahan alam. Makhluk hidup, benda atau segala hal dan peristiwa di sekitar kita. Hal tersebut menjadi dasar mengapa kesehatan mata harus dijaga jika tetap ingin menikmati keindahan dunia. Selain itu mata juga merupakan jendela ilmu pengetahuan. Melalui mata kita dapat menimba ilmu pengetahuan dengan mengamati dan membaca. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat apapun secara visual. Oleh karena itu, penglihatan melalui mata adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri. Betapa besar keagungan mata membuat kita harus selalu menjaga dan merawatnya baik-baik agar tetap sehat. Selain dari luar, perawatan mata juga perlu dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi tertentu, khususnya vitamin.
Manfaat mata adalah sebagai indera penglihatan dan juga sebagai salah satu alat komunikasi dalan kehidupan.
Kerugian apabila seseorang tidak mempunyai mata salah satunya adalah dia tidak bisa melihat dan menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan, juga terganggunya komunikasi dengan orang lain. Terlebih seseorang yang diciptakan oleh Tuhan sejak lahir betapa ruginya dia karena harus hidup dalam kegelapan.

Betapa pentingnya kita sebagai manusia untuk merawat mata karena mata merupakan organ terpenting dalam hidup, dengan cara :
1. Jangan biarkan mata bekerja secara terus menerus
2. Luangkan waktu untuk mengistirahatkan mata dan memanjakan mata
3. Perawatan mata secara teratur
Salah satu penyakit mata yang umum dialami oleh masyarakat yaitu katarak (kekeruhan lensa mata). Biasanya pada orang dewasa katarak berhubungan dengan proses penuaan. Pada banyak kakus, penyebab katarak tidak diketahui, penyakit katarak biasanya menimpa orang lanjur usia, tetapi bisa juga menimpa orang muda dan bisa bersifat menurut. Katarak merupakan proses kemunduran fungsi lensa mata secara bertahap. Kebanyakan lensa mata agak keruh setelah usia mancapai 60 tahun katarak adalah setiap kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat hidrasi (penambahan cairan) lensa atau akibat kedua-duanya yang di sebabkan yang di sebabkan oleh berbagai keadaan. (Sidarta Ilyas et.al 2003 : 89)
Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. (Oei Gin Djing, 2007 : 22)

Dari hasil studi pendahuluan duan dari lima orang mengatakan bahwa mereka mengetahui penyakit katarak.
Dengan adanya fenomena tersebut di atas maka peneliti tertarik untuk membuat penelitian tentang “Gambaran Pengetahuan Tentang Deteksi Dini Penyakit Katarak pada lanjut usia di....”. Selengkapnya klik disini



Comments :

0 komentar to “KATARAK”