Photobucket

Minggu, 29 Maret 2009

MAMFAAT KUNYIT


Kunyit atau nama latinnya Curcuma Domestika adalah tumbuhan rimpang yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan dapur. Selain untuk bumbu dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri berfungsi untuk pengobatan.

Kunyit efektif untuk mengobati penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, antimikroba, antikolesterol dan anti-HIV. Kurkumin dan atsiri juga menghambat pertumbuhan tumor payudara dan usus besar.

Kunyit juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan dan mencegah rematik, mengobati diabetes melitus, tifus, morbili, campak, usus buntu, disentri, dan keputihan, melancarkan haid, serta meredamkan mulas saat haid. Untuk ibu hamil, kunyit bisa melancarkan persalinan dan memperbanyak ASI.

Pengobatan kunyit untuk obat juga tidak sulit. Untuk mengatasi sariawan, bengkak di mulut, atau radang tenggorokan, kunyit diparut kemudian air perasannya ditambahi sedikit garam dan diminum.

Sementara parutan kunyit yang dicampur asam kawak digunakan untuk pengobatan kaki luka. Salep yang dibuat dari campuran kunyit dengan minyak kelapa banyak digunakan untuk menyembuhkan kaki bengkak dan untuk mengeluarkan cairan nanah.

Ada lagi, kunyit yang diremas-remas dengan biji cengkeh dan melati digunakan untuk obat radang hati dan penyakit kulit. Sementara akar kunyit yang diremas-remas dapat digunakan sebagai obat luar penyakit bengkak dan reumatik. Tapi sampai saat inipun sudah banyak obat pabrikan yang memakai ekstrak kunyit sebagai bahan dasarnya dan diklaim efektif menyembuhkan penyakit tertentu



Comments :

0 komentar to “MAMFAAT KUNYIT”