Minggu, 29 Maret 2009

Mengenal Bartholinitis


Kelainan ini lumayan banyak dikeluhkan wanita. Kemarin lewat email ada yang menanyakan adanya benjolan di bagian kiri/kanan bawah bibir vagina. Salah satu penyebabnya adalah infeksi kelenjar ini.

Bartholinitis merupakan infeksi kelenjar Bartholini (nama diambil dari seorang ahli anatomi belanda) yang letaknya bilateral pada bagian dasar labia minor. Kelenjar ini bermuara pada posisi kira2 jam 4 dan jam 8. Ukurannya sebesar kacang dan tidak melebihi 1 cm, dan pada pemeriksaan dalam keadaan normal tidak teraba.(lihat gambar di bawah ini)
Infeksi pada kelenjar ini disebabkan oleh kuman golongan staphylococcus dan gonococcus. Gejalanya berupa gejala umum kalau kita terinfeksi kuman seperti pegel2 atau rasa tidak enak badan sampai demam, sedangkan gejala lokal berupa pemebengkakan pada vagina bagian bawah kiri atau kanan, kemerahan dan nyeri jika diraba. Pada infeksi yang kronis dapat menyebabkan kista bartholini. (lihat gambar dibawah ini/tanda panah putih)



Kebetulan sekali terapinya mudah yaitu diberi antibiotika spektrum luas. Bisa memakai cifrofloxacin, ceftriaxon, doksisiklin atau azytromicin tentunya dengan dosis yang sesuai/ditentukan oleh dokter.




Comments :

2 komentar to “Mengenal Bartholinitis”

Website bagus dan salut buat anda sebagai perawat memiliki kamapuan membuat blog yang bagus. saran fotonya jangan wanita setengah telanjang dong, oke ? sebelumnya trims dan selamat !. silakan berkunjung pada website kami dimana bisa melihat bagaimana tenaga keperawatan dan lowongan di luar negeri Disini

andi yudianto mengatakan...
on 

Kenapa isi artikel ini sama dengan artikel di http://www.drdidispog.com/2008/10/bartholinitis.html ya?

Haridivanandha mengatakan...
on